vfVhymenUzKJZBtuc4xcn47AG410gaBoiC4BEUGo
Bookmark

Simak 5 Tips untuk Blogger Pemula Berikut Ini

Simak 5 Tips untuk Blogger Pemula Berikut Ini

Apakah kamu ingin terjun di dunia blog? Sebelum terjun, ada baiknya simak 5 tips untuk blogger pemula di bawah ini. Yang mana dapat membantu sebelum telanjur basah terjun ke dunia blog. Ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar blog kamu memiliki kualitas yang baik.

Biasanya, ada sebagian orang yang ketika ingin memulai blog, tanpa mempersiapkan apa-apa. Asal nekat terjun tanpa berbekal tips atau ilmu mengenai blog. Setelah itu, kebingungan dan mendapatkan permasalahan beruntun karena salah langkah.

Simak 5 Tips Untuk Blogger Pemula

Ketika telanjur salah langkah, mungkin seperti nasi sudah menjadi bubur. Namun, untuk mencegah salah langkah, kamu bisa menerapkan tips-tips berikut ini. Ada pun tips yang perlu ikuti yaitu mulai dari menentukan topik hingga menjaga konsistensi.

Pilih Platform Blogging

Tips untuk blogger pemula yang pertama yaitu pilih platform yang bikin kamu nyaman dan yang kamu sukai. Saat ini tersedia berbagai pilihan platform, seperti WordPress, Blogger, dan lain sebagainya. Setiap platform blogging, memiliki kelebihan dan kekurangannya masing.

Jadi, dalam memilih, kamu juga bisa mempertimbangkan antara keunggulan dan kelemahan dari tiap-tiap platform blogging.

Tentukan Niche atau Topik Blog

Hal penting berikutnya yang perlu blogger lakukan adalah menentukan tema atau topik yang akan dibahas. Dengan menentukan topik terlebih dahulu dapat membantu dalam mengembangkan ide secara spesifik dan terfokus. Selain itu, menentukan topik sama dengan menentukan branding pada blog kamu.

Dengan kata lain, orang-orang jauh lebih notice pada hal-hal yang sudah spesifik dan terspesialis. Ada banyak topik yang bisa kamu pilih.

Sebagai saran, kamu bisa memilih topik yang kamu kuasai. Karena melakukan yang kita kuasai dapat menimbulkan perasaan happy. Selain itu, juga meminimalisir buntu ide saat proses konsistensinya.

Tentukan Nama dan Domain Blog

Apabila kamu sudah menentukan topik dan platform blogging, selanjutnya adalah menentukan nama dan domain blog. Untuk menentukan nama blog, penulis sarankan untuk menggunakan nama dengan 2-3 suku kata dan pelafalannya mudah.

Namun terkadang nama domain yang kita inginkan sudah tidak tersedia, oleh karena itu bisa saja memilih nama domain yang lebih panjang asalkan mudah diingat dan punya makna yang sesuai dengan tujuan blog, sebagai contoh https://tambahbaik.com yang merupakan gabungan dari kata “tambah” dan “baik”, sebagai nama blog yang dibuat untuk berbagi inspirasi untuk menjadi lebih baik dari hari ke hari.

Pastikan juga untuk menggunakan nama blog yang belum ada sebelumnya. Pada tips untuk blogger pemula yang satu ini bertujuan agar memberikan kesan unik dan the only one pada blog.

Lalu, untuk domain blog-nya, bukan hanya ada .com. Melainkan, justru terdapat berbagai macam pilihan. Mulai dari yang paling murah, mahal, hingga domain yang menyesuaikan dengan topik blog. Jika kendala kamu ada pada budget, kamu bisa memilih berdasarkan harga.

Tentukan Tema Tampilan Blog

Pada proses menentukan tema tampilan blog, pastikan pilih yang sekiranya dapat membuat pengunjung betah berlama-lama di blog kamu. Apabila pengunjung blog betah, hal tersebut dapat membantu mengurangi nilai bounce rate-nya.

Namun, desain tampilan blog bukan satu-satunya cara dalam mengurangi nilai bounce rate. Sebab bisa dari segi rensposibilitas blog, fitur blog, user experience, dan lain sebagainya.

Konsisten Menulis

Tips untuk blogger pemula berikutnya yaitu lakukanlah dengan konsisten. Dari sinilah tantangan menjadi seorang blogger dimulai. Konsistensi merupakan hal yang perlu ditaklukkan bagi siapa saja, tak pandang bulu.

Lalu, konsisten bukan hanya tentang menulis blog setiap hari. Melainkan juga tentang fokus menentukan jadwal, aksi, serta goal-nya. Berdasarkan Atomic Habit, dalam urusan konsisten ini, kamu hanya perlu menentukan hari + jam + tempat. Untuk detailnya, hari apa saja kamu mengurus blog, pada jam berapa kamu mengurus blog, dan di mana kamu berkegiatan ngeblog.

Itulah 5 tips untuk blogger pemula yang bisa kamu ikuti. Jangan lupa untuk menjaga asa, semangat, disiplin, dan konsistensinya. Hal ini karena ngeblog memerlukan proses dan tidak bisa instant. Kamu perlu bersabar dan menikmati setiap proses serta momennya.

Posting Komentar

Posting Komentar