vfVhymenUzKJZBtuc4xcn47AG410gaBoiC4BEUGo
Bookmark

5 Lokasi Arung Jeram Bali Paling Fenomenal dan Memacu Adrenalin!

5 Lokasi Arung Jeram Bali Paling Fenomenal dan Memacu Adrenalin!

Sudah tahu belum sungai-sungai di Bali tidak kalah cantiknya dengan panorama pantai maupun lautnya. Banyak sungai di Bali yang sangat cocok digunakan untuk kegiatan arung jeram sekaligus arena rafting paling seru lho. Penasaran daftar tempat arung jeram Bali yang paling seru dan menyenangkan?

Ada sungai di Bali memiliki arus sedang biasa digunakan para arung jeram pemula. Beberapa tipe sungai lainnya memiliki aliran deras dan berbatu bisa sangat menantang adrenalin para pengunjungnya. Dijamin wisata Bali kali ini bisa memacu adrenalin serta memberikan pengalaman liburan tak terlupakan nantinya.

5 Rekomendasi Arung Jeram Bali Paling Fenomenal

Memangnya dimana bisa menemukan lokasi arung jeram paling seru di Bali? Kali ini ada sejumlah daftar arena rafting paling fenomenal banyak dikunjungi para wisatawan domestik maupun mancanegara. Tidak hanya menawarkan fasilitas rafting lengkap, namun pemandangan sekitarnya juga sangat luar biasa.

1. Arena Sungai Ayung

Perlu Anda ketahui, Sungai Ayung termasuk jalur rafting paling fenomenal di Bali. Lokasinya cukup strategis di Desa Payangan, Kabupaten Gianyar. Sungai terbentang luas memiliki panjang sekitar 13 kilometer disertai pemandangan pepohonan menjulang tinggi serta aneka daun rambat asri.

Pada umumnya Sungai Ayung mengalir melewati beberapa kabupaten mulai Bangli, Badung, Kota Denpasar, dan Gianyar. Apa kelebihan Sungai Ayung? Sungai cukup dekat area perkotaan, cocok semua usia, pemandangannya sangat indah, dan menawarkan fasilitas rekreasi terlengkap.

Sungai Ayung sangat direkomendasikan bagi para pengunjung yang baru pertama kali mencoba arung jeram. Aliran sungainya tidak begitu deras masih masuk dalam level medium atau I-III. Jika ingin menggunakan fasilitas arum jeram, cukup siapkan budget sekitar Rp175 ribu-Rp1,7 juta ya!

2. Telaga Waja Rafting

Selain arung jeram Ayung Bali, Anda juga bisa mencoba serunya menyusuri Sungai Telaga Waja yang berlokasi di daerah Karangasem ini. Telaga Waja akan menawarkan jalur rafting sepanjang 13 kilometer, namun tingkat kesulitannya sudah masuk kelas II-IV atau medium profesional.

Telaga Waja menawarkan tiga pemandangan air terjun, dimana tidak akan mudah dijumpai di lokasi arung jeram lainnya. Banyak wisatawan lebih menyukai perjalanan ke Telaga Waja karena tidak perlu berjalan kaki lebih lama serta medan offroad-nya masih tergolong ringan.

Dibandingkan wisata sungai lainnya, Telaga Waja menawarkan rafting rute terpanjang. Lokasi bisa digunakan sebagai tempat wisata keluarga sangat ringan serta eksotis. Anda juga akan menemui pohon kayu albesia serta rumput gajah saat menyusuri sungai mulai dari hulu ke hilir nantinya.

Berapa harga fasilitas arung jeram Telaga Waja? Cukup siapkan budget sekitar Rp450 ribu khusus 4 orang atau lebih. Ada juga paket harga Rp550 ribu per orang khusus 2 orang dengan fasilitas lebih lengkap mulai peralatan rafting sampai konsumsi ringan selama berwisata nantinya.

3. Sungai Melangit

Pernah mengunjungi Sungai Melangit sebelumnya? Sungai satu ini juga menawarkan arena rafting sepanjang 7,5 kilometer. Anda bisa langsung mengunjunginya di Desa Bakas, Klungkung tidak terlalu jauh dari pusat kota Bali. Bagaimana sensasi arung jeram di Sungai Melangit?

Arung jeram Bali kali ini menawarkan 30 slop turunan tertinggi sekitar 3 meter, sehingga dijamin memacu adrenalin para pengunjungnya. Aliran sungainya tidak terlalu deras, Anda bisa menyusuri sungai secara santai sambil menikmati pemandangan tebing, perkebunan, dan air terjun sekitar.

Harga arung jeram di Sungai Melangit Bali cukup bervariasi sekitar Rp330 ribu sampai Rp450 ribu minimal 2 orang anggota. Mengitari Sungai Melangit menggunakan perahu karet dijamin dapat membantu otot bahu serta lengan lebih kuat, namun Anda harus tetap berhati-hati saat berlibur.

4. Sungai Petanu

Sungai Petanu berlokasi di wilayah Kabupaten Gianyar, sehingga tidak terlalu jauh dari pusat Kota Bali sendiri. Berbeda dengan aliran sungai lainnya, Sungai Petanu terkenal memiliki aliran sangat deras. Meskipun begitu, air sungainya super jernih berasal dari mata air Pegunungan Kintamani.

Terbentuknya Sungai Petanu berawal dari bongkahan batu pegunungan, sehingga jalurnya akan menawarkan banyak titik ekstrem tersendiri. Jika Anda tidak pandai berenang sekaligus pertama kalinya mencoba arung jeram, sepertinya tidak disarankan berwisata di Sungai Petanu tersebut.

Anda bisa mengunjungi Sungai Petanu mulai pukul 08.00-18.00 WIB. Apabila ingin mencoba arung jeramnya, siapkan budget sekitar Rp210 ribu tergantung banyaknya penumpang. Masih banyak fasilitas rekreasi di Sungai Petanu yang bisa digunakan saat liburan bersama keluarga.

5. Wisata Sungai Pakerisan

Sungai Pakerisan termasuk lokasi arung jeram terbaik di Bali lho. Arus sungainya tidak terlalu deras, kemudian jalurnya memiliki panjang sekitar 4,5 kilometer. Jika ingin mengunjungi Sungai Pakerisan, Anda bisa mengendarai mobil bersama menuju ke area istana Tampa Siring Bali.

Arus sungainya memang menawarkan tingkat kesulitan medium, namun soal pemandangan tidak perlu diragukan. Sepanjang jalur sungai menawarkan mata air jernih, tebing menjulang tinggi, dan lembah indah dipenuhi pepohonan hijau menyegarkan mata. Bagaimana tertarik mengunjunginya?

Budget rafting di Sungai Pakerisan Bali masih tergolong standart, Anda bisa menanyakannya saat akan menggunakan fasilitas tertentu. Pengelola wisata juga menyiapkan fasilitas P3K standart serta asuransi kesehatan guna memastikan keamanan wisatawan saat mencoba arung jeram.

Ingin liburan sepuasnya ke Bali, namun tidak memiliki kendaraan pribadi? Tidak usah bingung, Anda bisa gunakan jasa sewa hiace Bali. Jasa rental menyediakan berbagai pilihan armada kapasitas memadai, harga terjangkau, dan bisa booking online sesuai kebutuhan pemesan saat berencana liburan ke Bali.

Beberapa lokasi arung jeram Bali terbaik meliputi Sungai Ayung, Telaga Waja, Sungai Petanu, Sungai Melangit, dan Sungai Pakerisan. Setiap lokasi memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing, Anda bisa mencoba mencari informasi selengkapnya dari internet sebelum mendatanginya langsung.

0

Posting Komentar