vfVhymenUzKJZBtuc4xcn47AG410gaBoiC4BEUGo
Bookmark

Cara Membuat Kombucha tanpa Starter, Bisa atau Tidak?

Cara Membuat Kombucha tanpa Starter, Bisa atau Tidak

Bagaimana cara membuat kombucha tanpa starter? Yuk simak penjelasannya disini. Sebelum ke pembahasannya, yuk ketahui dulu apa itu kombucha. Kombucha adalah teh fermentasi yang dibuat dari proses fermentasi antara jamur dengan bakteri yang biasa disebut dengan SCOBY (Symbiotic Culture of Bacteria and Yeast) atau lebih dikenal dengan sebutan bibit kombucha atau jamur kombucha.

Lalu apa itu starter kombucha? Starter kombucha adalah kombucha tua yang digunakan untuk membuat kombucha baru untuk menghasilkan baby scoby. Starter kombucha dikenal dengan nama cuka kombucha. Ringkasnya, fungsi starter kombucha untuk mempercepat proses fermentasi dan melindungi teh dari organisme berbahaya. Jadi banyak yang menggunakan starter kombucha untuk membuat bibit kombucha.

Baca Juga : Ciri Jamur Kombucha Mati atau Tidak Ada Tanda Kehidupan

Cara Membuat Kombucha tanpa Starter, Bisa atau Tidak?

Jawabannya adalah Tidak Bisa. Untuk membuat membuat bibit kombucha harus punya starternya terlebih dahulu baik berupa lempengan scoby ataupun larutan cuka kombucha. SCOBY (Symbiotic Colony Of Bacteria and Yeast) hanya bisa dikembangbiakan bukan dibuat dari bahan bahan tertentu kemudian jadi Scoby. Untuk membuat lempengan Scoby, kuncinya harus punya bakterinya terlebih dahulu. Bakteri itu ada di dalam Scoby itu sendiri. Jadi istilahnya, scoby – scoby yang baru, adalah hasil cangkokan dari scoby yang sebelumnya.

Scoby bersifat ragi (Scoby bukan jamur). Sama seperti membuat makan atau minuman fermentasi lainnya, ragi (yeast) adalah bahan utama. Tanpa ragi, proses fermentasi tidak dapat dilakukan, misal dalam membuat tape ketan. Tanpa ragi bahan tape akan membusuk dan baunya juga busuk (tidak bisa dikonsumsi), tapi berbeda jika di taburkan ragi, maka bahan bahan tadi akan menjadi tape dan beraroma khas tape (bisa dikonsumsi).

Jadi tidak ada bahan - bahan khusus untuk pengembangbiakan Scoby, yang bisa dilakukan hanya membuat larutan teh manis seperti biasanya kemudian menuangkannya ke wadah yang disiapkan untuk proses pengembangbiakan, dimana didalam wadah tersebut sudah terdapat lempengan scoby dan cuka kombuchanya. Pastikan starter yang digunakan super premium, sehingga kualitasnya terjaga.

Cara mendapatkan starter kombucha bisa dengan membeli online di marketplace seperti Shopee, Tokopedia dan lainnya pastikan pilih penjual atau seller yang terpercaya dan memiliki banyak review positif. Atau mungkin bisa beli offline di toko kombucha terdekat.

Baca Juga : Rekomendasi Kombucha Bandung Terbaik

Itulah informasi mengenai cara membuat kombucha tanpa starter. Tertarik kerjasama dengan VIOL THE BIOLOGIST seperti pemasangan iklan, promosi produk, content placement, backlink atau sejenisnya? Langsung kontak kami di email kpopsquadmedia@gmail.com.

PENULIS

Rizki Indra Prasetyawan
Rizki Indra Prasetyawan A.P.Kom.
(Crew-Partner Viol The Biologist)

Follow Instagram @rizkiindraprasetyawan

Follow Facebook Rizki Indra Prasetyawan

Follow X/Twitter @rizkiindra27

Follow Linkedin Rizki Indra Prasetyawan

SUMBER:

https://wikikombucha.com/tanya-jawab/tips-dan-trik/bagaimana-cara-membuat-bibit-kombucha-tanpa-starter/

Posting Komentar

Posting Komentar